10 May 2013

Novena Roh Kudus (untuk pribadi)



DOA PEMBUKAAN (selama 9 hari)

Tanda Salib
Datanglah Roh Kudus, penuhilah hati umatMu dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu. Utuslah RohMu maka semuanya akan dijadikan lagi, dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Aku Percaya
(...sebutkan permohonan/ujud/intensi pribadi...)

HARI PERTAMA (KASIH)
“Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih” (1Yoh 4:8)

Ya Roh Kudus, sumber segala kasih, kebaikan, kebenaran dan kesucian. Engkau telah dianugerahkan Bapa dan Putra kepada kami, umatMu. Aku bersyukur atas kehadiranMu dalam diriku. Semoga segala anugerah yang Engkau curahkan dapat kutebarkan, membawa keharuman kasih dalam sikap dan tindakanku. Sempga juga kehadiranMu berupa Roh Kasih membawa kesegarand alam hidupku. Semoga aku dapat memancarkan kasihMu itu, sehingga orang-orang yang berjumpa denganku mengalami kasihMu yang tanpa syarat.

HARI KEDUA (SUKACITA)
“Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu” (Neh 8:11b)

Ya Roh Kudus, Engkau telah dicurahkan ke dalam hidup kami, umatMu sebagai pribadi dengan rahmat sukacita. Semoga Engkau senantiasa mendampingi, membimbing dan mengarahkan hidupku, sehingga suasana hatiku penuh kegembiraan, dan segala langkahku dapat berjalan seturut dengan kehendakMu. Limpahilah aku selalu dengan buah-buah RohMu, sehingga aku dapat membawa dan menularkan sukacita itu bagi orang-orang di sekitarku.

HARI KETIGA (DAMAI SEJAHTERA)
“Yang hatinya teguh Kau jagai dengan damai sejahtera, sebab kepadaMu-lah ia percaya” (Yes 26:3)

Ya Roh Kudus, Pembawa damai sejahtera, Pemersatu bagi yang tercerai-berai, penuhilah hatiku yang kadang merintih sedih. Pancarkanlah dalam hatiku suatu kebaikan, kegembiraan, sukacita dan damai sejahtera. Tolonglah aku agar tetap setiamembenamkan diri ke dalam kehangatan kasih setiaMu. Semoga karunia damai sejahteraMu membuat hatiku lebih lembut dan membawa damai bagi sesamaku.

HARI KEEMPAT (KESABARAN)
“Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan” (Amsal 14:29)

Ya Roh Kudus, jadikanlah aku umatMu yang dimerdekakan daya kuasaMu dan dipenuhi dengan Roh Kesabaran. Kuatkanlah aku dalam kelemahanku, sehingga aku dapat mewartakan kebaikan Allah dengan penuh kasih dan sukacita, Kobarkan nyala api RohMu agar aku tidak terbelengu oleh dosa-dosaku, jauhkan aku dari segala tipu daya roh jahat yang mendatangkan maut. Semoga kesabaranMu senantiasa menuntun aku untuk dapat menahan diri, selalu sabar, tidak cepat marah dan membawaku bertobat.

HARI KELIMA (KEMURAHAN HARI)
“Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri (Amsal 11:17)

Ya Roh Kudus, Jiwa kehidupan kami dan Roh yang jaya, berilah aku Roh Kemurahan yang berguna bagi hidupku. Dengan rahmat itu jadikanlah aku semakins etia, penuh kasih, tulus, ramah terhadap orang lain dan bertekun dalam membangun pengharapan dan persaudaraan di antara kami seturut kehendakMu. Rahmatilah aku dengan anugerahMu yang tanpa batas untuk selalu berbelarasa, sehingga hidupku menjadi subur dan menghasilkan buah-buah RohMu.

HARI KEENAM (KEBAIKAN)
“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang disurga” (Mat 5:16)

Ya Roh Kudus, biarkanlah sinar kebenaran, keadilan dan kescian serta kemurnian terus menerus menguatkan hidupku dalam mengadapi saat-saat sulit. Curahkanlah karunia Roh KebaikanMu. Biarkanlah sumber terang kebenaran, kemurahan, dan kebaikanMu, senantiasa membimbing dan memimpin hidupku, agar hidupku selalu diperbaharui kembali dengan daya Kuasa RohMu untuk selalu melakukan pekerjaan baik dan amal kasih.

HARI KETUJUH (KESETIAAN)
“Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (Matius 25:21)

Ya Roh Kudus, berikanlah kepadaku semangat persaudaraan yang mendalam. Curahkanlah kembali Roh Kesetiaan, ketulusan dan kebijaksanaan sebagai kekuatan utama hidupku. Terimalah penyerahan diriku padaMu. Penuhilah budiku dengan kasih yang sejati, kemurnian cinta, dan kesetiaan yang tulus, sehingga aku dapat semakin menintaiMu dan sesamaku.

HARI KEDELAPAN (KELEMAH-LEMBUTAN)
“Berbahagialah orang yanng lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi” (Matius 5:5)

Ya Roh Kudus, perbaharuilah keajaiban-keajaibanMu pada hari ini. Datanglah kembali suatu Pentakosta baru. Buatlah kami para anggota GerejaMu agar selalu bersatu hati, bertekun dalam doa bersama Maria, Bunda Gereja. Naungilah GerejaMu dalam hidup berbangsa dan bernegara, agar kami anggotanya semakin mampu menjadi warga negara yang berbelarasa, rendah hati, bersahabat, dan bersaudara dengan siapa saja. Curahkanlah Roh kelemah-lembutan dalam diriku, agar aku menjadi semakin ramah dan murah hati pada mereka yang hidup bersamaku.

HARI KESEMBILAN (PENGUASAAN DIRI)
“Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup” (Roma 8:13)

Ya Roh Kudus, Engkau yang mengajar kami dan menerangi hati umatMu dengan terang IlahiMu. Berilah aku Roh penguasaan diri dalam segala sesuatu, agar semakin setia mengikuti PutraMu. Buatlah diriku menjadi orang yang selalu bijaksana, berbelas kasih dan membawa damai, sehingga hidupku semakin menjadi berkat bagi dunia, Gereja dan masyarakat.

DOA PENUTUP (selama 9 hari)
Ya Allah, Bapa yang Maha Kudus, aku bersyukur kepadaMu, karena Novena Roh Kudus ini. Kabulkanlah doa permohonanku dalam Novena ini (...sebutkan permohonan...). Semoga hidupku selalu memancarkan buah-buah Roh KudusMu itu: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan hati, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan, dan penguasaan diri. Buatlah aku agar semakin beriman dan berbela rasa. Bantulah aku agar lebih terlibat dalam membangun persaudaraan dan pelayanan kasih yang berkobar-kobar. Semoga Roh persaudaraan makin terwujud dalam persekutuan kasih persaudaraan Gereja, dan kami yang Kau persatukan mejadi saudara/i satu sama lain. Dan semoga GerejaMu dimampukan untuk menghadirkan datangnya Kerajaan Penyelamatan Ilahi di muka bumi ini serta menumbuhkan Kerajaan Ilahi, Kerajaan Cinta, Kebenaran, Keadilan, dan Damai. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Doa Bapa Kami
Do Salam Maria (3x)
Kemuliaan
Terpujilah


(Imprimatur : Vikjen KAJ, Yohanes Subagyo, Pr)

51 comments:

  1. Terus terang awalnya saya bingung bgmn memulai doa novena ini. Banyak referensi / searching result, malah bingung.Terimakasih ya Roh Kudus, Engkau mengarahkan perhatianku pada searching yg sesuai dg hidup imanku yg dlm hiruk pikuk dunia & semoga kami yg merindukan Allah selalu Kau bawa dlm naungan GerejaMU.. @h2pascakenaikanTuhannovenaRohKudus2014

    ReplyDelete
  2. Trimakasih.. Roh Kudus menyelimuti Indonesia&dunia

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah dibantu membimbing doa novena roh kudus pribadi. Sangat membantu. Berkah Dalem.πŸ˜‡

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah dibantu membimbing doa novena roh kudus pribadi. Sangat membantu. Berkah Dalem.πŸ˜‡

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sangat pembantu. Berkah Dalem.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sangat pembantu. Berkah Dalem.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih sangat membantu. Berkah dalem

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Terimakasih dan Puji Syukur atas terkabulnya Doa Novena ini..Amin.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih dan Puji Syukur atas terkabulnya Doa Novena ini..Amin.

    ReplyDelete
  11. Sungguh sangat membantu,Roh Kudus di dalam kemuliaan,pakailah kami seturut kehendak Mu

    ReplyDelete
  12. Terima kasih untuk mngganti warna tulisannya. Skrg jd lebih kelihatan. Terima kasih! Tuhan berkati!

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih, saya sedang menjalankan novena roh kudus ini.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih atas bantuannya, dengan ajaran doa nie, saya dapat mengerti Dan mengikuti dengan baex. Amien Tuhan Yesus memberkati kita semua.Alien

    ReplyDelete
  16. Ujud permohonannya dua kali? Saat setelah aku percaya dan dalam doa penutup? Atau biasanya dalam doa penutup?

    ReplyDelete
  17. Alangkah baiknya jika disediakan teks untuk Novena dalam komunitas. Terima kasih banyak. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  18. Terima Kasih...Doa Novena ini sangat membantu saya dalam menghadapi masalah ku saat ini...kiranya saya semakin dan semakin lebih dekat lagi pada Mu ya Tuhan...Amin

    ReplyDelete
  19. Terimakasih. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  20. Terimah kasih
    Doa novena sangat membantu sy

    ReplyDelete
  21. Terimakasih sangat membantu dalam novena dan semoga semakin banyak yang menggunakannya...

    ReplyDelete
  22. Terimakasi,,
    Sangat membantu saya,,
    Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  23. Terimah kasih Tuhan, doanya sangat sangatlah membantu, god blees you

    ReplyDelete
  24. Trimakasih telah membantu semoga terang roh kudus memdamaikan hati kita masing2 n seluruh dunia

    ReplyDelete
  25. Terima kasih sangat membantu doa pribadi kami di rumah aja' dimasa pandemi ini

    ReplyDelete
  26. Trimakasih Yesus atas penyertaanmu .. Amiiiin

    ReplyDelete
  27. Mohon petunjuk& penerangan Roh Kudus supaya saya bisa menjalankan Novena Roh Kudus

    ReplyDelete
  28. Puji Tuhan πŸ‘ΌπŸ˜‡, sangat membantu.. Berkat Tuhan senantiasa bagi kita semuaπŸ™

    ReplyDelete
  29. Sangat membantu krn di Puji Syukur tdk ada

    ReplyDelete
  30. Puji Tuhan...rangkuman doa novena Roh Kudus ini sangat membantu kami di dalam berdoa di hadapan Bapa Yang Maha Kuasa.
    Matur nuwun....Berkah Dalem Gusti πŸ™

    ReplyDelete
  31. Terimakasih doa Novena ini sangat membantu,yg pada awalnya saya kurang mengerti susunan dari Novena untuk memulai berdoa.

    ReplyDelete
  32. Terima kasih. Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  33. Terima kasih banyak. Sy baru menemukan ini di 2020. Tuhan mulai mengubah hidup sy. Sy percya itu.πŸ™

    ReplyDelete
  34. Terima kasih dalam Roh Kudus yang telah mmenuntunku menemukan Tata Cara berdoa novena Roh Kudus ini. Sungguh anugerah Tuhan. Tuhan memberkati kerja keras siapa siapa yang menyediakan Rangkaian doa ini

    ReplyDelete
  35. Terimakasih.. semoga Badai Covid segera berlalu

    ReplyDelete
  36. Trimakasih, Tuhan berkati selalu.

    ReplyDelete
  37. Terimakasih atas Doa Novena ini, meskipun banyak versi dalam Doa Novena Roh Kudus, namun Doa ini sangat membantu saya atau sahabat lain yg menjalankan Novena secara pribadi...

    ReplyDelete
  38. Terimakasih atas rangkuman doa novena ini... tuhan memberkati kita semua πŸ™

    ReplyDelete
  39. Terimakasih atas Doa Novena ini, meskipunbanyak versi,namun Doa ini sangat membantu saya untuk lebih dekat dengan Tuhan ...

    ReplyDelete
  40. NOVENA SANTO YUDAS TADEUS

    Rasul yang amat suci, Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia,
    Gereja semesta menghormati dan memohon kepadamu,
    sebagai penolong dari masalah-masalah yang tidak ada harapannya,
    hal-hal yang tidak ada jalan keluarnya.

    Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong.
    Aku mohon kepadamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan padamu untuk memberikan kepadaku bantuan nyata dan sesegera mungkin disaat aku merasa bahwa bantuan itu hampir tidak ada.

    Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan surgawi atas semua kebutuhanku,
    masalah dan penderitaanku, khususnya

    ( sebutkan permohonan Anda)

    sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya.
    Aku berjanji, oh Santo Yudas Tadeus, untuk selalu mengingat bantuan besar ini,
    untuk selalu menghormatimu sebagai rasul yang istimewa dan perkasa, untuk meningkatkan devosi kepadamu,
    Amin.

    Semoga Hati Kudus Yesus yang maha kudus selalu dihormati dan dicintai diseluruh tabernakel sampai akhir jaman,
    Amin.

    Santo Yudas Tadeus berdoa untuk kita dan mendengarkan kita,
    Amin.

    Terbekatilah Hati Kudus Yesus.
    Terbekatilah hati Maria yang tak bernoda.
    Terbekatilah Santo Yudas Tadeus diseluruh bumi dan selalu sepanjang masa.
    Amin.

    ReplyDelete